Sumpah Apoteker Angkatan I PSPA UMY

Mei 9, 2018 oleh : superadmin-ic

Program Studi Profesi Apoteker FKIK UMY mengadakan acara “Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Apoteker Angkatan I” untuk 36 lulusan pada hari Selasa, 8 Mei 2018. Diadakan di Convention Hall Lantai 4 Gedung Skill RS PKU Muhammadiyah Gamping, acara berlangsung khidmat dan lancar. Bertindak sebagai dewan sidang Rektor Universitas Muhammadiyah, diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Hilman Latief, MA., Ph.D, Dekan FKIK UMY Dr.dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes, Kaprodi PSPA FKIK UMY Nurul Maziyyah, M.Sc., Apt., Ketua KFN (Komite Farmasi Nasional) Drs. Purwadi, Apt., M.M., M.E, Ketua Pengurus Daerah IAI DIY Wimbuh Dumadi, S.Si.,M.H,Apt.

 

 

Kaprodi PSPA FKIK UMY, Nurul Maziyyah, M.Sc., Apt. menyampaikan bahwa untukĀ  menjadi seorang apoteker memerlukan perjalanan panjang yang tidak mudah. Beliau sangat mengapresiasi usaha dan kerja keras 36 apoteker lulusan PSPA FKIK UMY sampai proses mereka dapat diambil sumpah. Rektor UMY juga menyampaikan pesan kepada 36 apoteker lulusan PSPA FKIK UMY bahwa begitu besar tantangan di bidang kesehatan yang akan dihadapi Apoteker dimasa yang akan datang, tak terkecuali Apoteker baru lulusan UMY. Tantangan baik dalam bidang pelayanan kefarmasian, pengembangan obat baru dan berbagai halterkait keamanan dan legalitas penggunaan dan peredaran obat menjadi tantangan nyata ke depan. Semoga lulusan Apoteker baru UMY dapat berkontribusi, berperan aktif dalam mengembangkan pelayanan kefarmasian, berintegritas dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keIslaman untuk kemaslahatan umat sesuai dengan Visi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 

Wimbuh Dumadi, S.Si.,M.H,Apt. selaku Ketua Pengurus Daerah IAI DIY menyampaikan bahwa beliau selalu berpesan kepada apoteker baru dalam menjalankan praktik kefarmasian yang bertanggungjwab , apoteker terikat oleh 3 (tiga) aturan yaitu norma etik wujudnya kode etik yang lahir karena sistem nilai, norma disiplin wujudnya pedoman disiplin yang lahir karena sistem otonom dan norma hukum wujudnya peraturan perundang-undangan sebagai sistem hukum. Jika saudara nantinya yang akan segera berpraktik dan menerapkan ilmu pengetahuan dan keahliannya maka taatilah ketiga norma tersebut yaitu etik, disiplin dan hukum.

 

Ketua KFN (Komite Farmasi Nasional) Drs. Purwadi, Apt., M.M., M.E menyampaikan selamat kepada para orang tua/wali apoteker yang telah menghantarkan putera-puterinya menyelesaikan studi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY ini. Dengan rasa bangga dan syukur yang mendalam, saya sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada segenap civitas akademika Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atas kerja kerasnya dalam melahirkan apoteker untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup manusia dan siap bersaing di pasar global. Selamat mengemban profesi ini dengan penuh tanggung jawab. Semoga upaya kita dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia senantiasa dalam rahmat dan ridho ALLAH SWT.

 

oleh : ist