Sambutan Kaprodi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada rasulullah Muhammad SAW yang kita nantikan syafa’atnya di hari akhir kelak, Amin.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin…. melalui penerbitan SK Kementrian RISTEK dan DIKTI No 462/KPT/I/2016, UMY dipercaya untuk membuka Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) di bawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Keterbatasan institusi pendidikan yang memiliki program profesi apoteker telah lama menjadi penghambat bagi para lulusan sarjana Farmasi untuk melanjutkan pendidikannya dimana perbandingan program profesi apoteker dengan program S1 Farmasi di Indonesia. Pendirian PSPA FKIK UMY diharapkan dapat menjadi wadah bagi lulusan Sarjana Farmasi baik dari UMY maupun luar UMY sehingga berkesempatan mengenyam pendidikan profesi guna memperoleh gelar Apt. (apoteker-red).

Program Studi Profesi Apoteker FKIK UMY dalam melaksanakan proses pendidikan di dalamnya mengacu pada metode pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan sistem Blok (khususnya pada semester 1) yang terdiri dari kuliah klasikal (didominasi praktisi), tutorial, praktikum ketrampilan farmasi maupun praktek lapangan. Metode dan sistem pembelajaran ini merupakan salah satu keunggulan PSPA UMY yang berbeda dari kebanyakan PSPA di Indonesia. Selain itu, program Interprofessional Education (IPE) di semester ke-2 juga merupakan program unggulan FKIK UMY yang memfasilitasi mahasiswa untuk dapat berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain dalam penanganan pasien tertentu. Hal ini dapat dilaksanakan karena PSPA berada di bawah Fakultas yang sama dengan Prodi Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, dan Ilmu Keperawatan sehingga memungkinkan pembelajaran kolaboratif khususnya pada saat Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA).

Program Padepokan dan pelatihan softskill juga diberikan untuk mendukung lahirnya apoteker yang tidak hanya terampil dalam hal pekerjaan kefarmasian, namun juga memiliki akhlak mulia yang mencerminkan nilai-nilai keislaman, karakter yang kuat serta berwawasan global sesuai dengan visi PSPA FKIK UMY.

Akhir kata, kami selaku pengelola PSPA FKIK UMY mengajak seluruh komponen sivitas akademika PSPA FKIK UMY untuk dapat maju bersama guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dunia pada umumnya dan masyarakat Indonesia khususnya melalui peningkatan kualitas pendidikan apoteker Indonesia. Jayalah Apoteker Indonesia!!!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.