Profil

Proses Pendirian Program Studi Profesi Apoteker di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY telah berlangsung sejak tahun 2014 dengan diterbitkannya SK BAN-PT Nomor 061/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013 mengenai akreditasi A bagi institusi UMY serta SK BAN-PT Nomor 182/SK/BAN_PT/Akred/S/VI/2014 yang memberikan nilai akreditasi B untuk Program Studi Sarjana Farmasi yang telah berdiri sebelumnya tahun 2010.

Melalui pencapaian akreditasi tersebut, UMY dalam hal ini FKIK telah memenuhi syarat untuk mendirikan Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) sebagai keberlanjutan studi dari lulusan Sarjana Farmasi untuk memperoleh gelar Apt. (apoteker-red). Berbagai persiapan dan workshop dilaksanakan untuk persiapan pendirian PSPA UMY di antaranya proses perizinan ke Kementrian RISTEK dan DIKTI, workshop kurikulum, persiapan sarana – prasarana, persiapan SDM dari rentang waktu tahun 2014 hingga tahun 2016 dengan melibatkan seluruh dosen Prodi Farmasi FKIK, pihak Rektorat UMY dan Dekanat FKIK, para alumni, stakeholder, narasumber dari berbagai instansi yang telah memiliki PSPA, dan pihak lain yang terkait.

Izin pendirian dan pembukaan PSPA UMY Alhamdulillah kemudian diterima pada bulan November 2016 melalui penerbitan SK Kementrian RISTEK dan DIKTI No 462/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) di FKIK UMY.

Keunggulan

  • Pendidikan akademik mengacu pada Kurilkulum Berbasis Kompetensi dan yang pertama serta satu-satunya yang menggunakan metode pembelajaran Full Problem Based Learning (PBL).
  • Memiliki fasilitas unggulan berupa Mini apotek dan Mini instalasi farmasi rumah sakit yang berada didalam Mini Hospital FKIK UMY.
  • Integrated Islamic Curriculum.
  • Tutorial dan Plenary Discussion Program.
  • Soft Skill Program.
  • Early Clinical Exposure.

Perkuliahan akan berlangsung on campus, rumah sakit, apotek, industri obat, dan praktek di lapangan, juga akan dilengkapi dengan kegiatan praktikum, e-lab dan clinical skills (skill labs). Kegiatan yang lain adalah English Hours Activities, ajang peningkatan bahasa Inggris mahasiswa. Dilengkapi juga Hot Spot Area untuk akses intrenet gratis, Electronic Library untuk kemudahan akses perpustakaan.