Praktik Skill Kefarmasian untuk Mahasiswa Baru

Januari 9, 2019 oleh : superadmin-ic

Ada perbedaan dengan rangkaian proses penerimaan mahasiswa baru (PENMARU) Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk calon mahasiswa baru angkatan 5 semester genap TA 2018/2019. Sebelumnya, untuk PENMARU mahasiswa PSPA dimulai dengan pengumpulan berkas pendaftaran, seleksi berkas, wawancara, kemudian diakhiri dengan pengumuman akhir akan tetapi untuk kali ini ada penambahan satu tahapan seleksi yaitu tes praktik skill kefarmasian. Latar belakang ditambahkannya tes tersebut dikarenakan adanya penyelenggaraan Uji Kompetensi Apoteker (UKAI) metode OSCE secara nasional. Tes praktik skill kefarmasian dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2019 dan 7 Januari 2019 di Laboratorium Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Tes praktik skill kefarmasian dibagi mejadi 3 pos dengan tema soal yang berbeda-beda yaitu tentang peresepan, evaluasi obat, dan administrasi yang ada di Industri Farmasi. dalam satu pos, calon mahasiswa hanya diberikan waktu selama 15 menit untuk menyelesaikan instruksi sesuai pos masing-masing kemudian setelah selesai diharuskan berpindah ke pos selanjutnya.

Dengan penambahan tes praktik skill kefarmasian, tentu saja diharapkan kompetensi mahasiswa baru PSPA UMY angkatan 5 menjadi semakin meningkat dan melalui tes tersebut PSPA UMY mendapatkan mahasiswa baru yang unggul dan cakap dalam hal ketrampilan kefarmasian.

 

(IST)