Persiapan Jelang UKAI

Juli 23, 2018 oleh : superadmin-ic

Jelang pelaksanaan Uji Kompetensi Apoteker Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan UKAI pada tanggal 28 Juli 2018, Prodi Profesi Apoteker FKIK UMY melakukan beberapa persiapan. Persiapan perlu dilakukan untuk kelancaran persiapan mahasiswa menghadapi Uji Kompetensi Apoteker Indonesia yang dijadikan exit exam program pendidikan profesi apoteker secara nasional. Beberapa persiapan yang dilakukan oleh PSPA FKIK UMY antara lain : Tryout internal UKAI, Mentoring materi UKAI dan Tryout Nasional UKAI.

1. Tryout internal UKAI
Tryout internal UKAI dilaksanakan sebagai salah satu persiapan jelang UKAI. Tryout Internal UKAI merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa PSPA FKIK UMY. Pelaksanaan Tryout Internal UKAI dengan metode CBT sudah dimulai di semester satu. Setelah mahasiswa memasuki semester 2, pelaksanaan Tryout Internal UKAI lebih ditekankan dengan membagi kedalam beberapa bidang, antara lain : bidang pharmaceutical sciences, bidang clinical sciences, dan bidang social behavioral and administration.

2. Mentoring Materi UKAI
Kegiatan Mentoring materi UKAI, mahasiswa akan dibagi menjadi 5 kelompok agar lebih pelaksanaannya lebih kondusif dan efektif. Pembagian kelompok mahasiswa disesuaikan dengan hasil tryout UKAI baik yang diselenggarakan secara internal maupun nasional. Topik yang dibahas pada mentoring UKAI mengacu pada blue print UKAI yang kemudian dijadikan topik besar sebagai bahasan. Topik topik tersebut diantaranya : infeksi 1 infeksi 2, peracikan 1 peracikan 2, perancangan 1 perancangan 2, Pengujian Mutu, Endokrin dan Tulang, Cerna dan Nafas, dan lain sebagainya.

3. Tryout Nasional UKAI
Tryout Nasional UKAI diselenggarakan secara nasional oleh panitia pusat UKAI. Sebelum pelaksanaan tryout nasional UKAI, mahasiswa diwajibkan melakukan registrasi secara online. Kegiatan ini diwajibkan oleh prodi untuk diikuti oleh semua mahasiswa calon peserta UKAI.

 

 

oleh : IST