Ber-Padepokan Bersama Para Lansia Banyuraden

November 25, 2017 oleh : superadmin-ic


Padepokan merupakan kegiatan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY yang diperuntukkan bagi para mahasiswa program Profesi untuk dapat berperan aktif di dalam komunitas Muhammadiyah, melatih kaderisasi diri dan membangun nilai-nilai keislaman dan ke-Muhammadiyah-an. Padepokan di PSPA FKIK UMY dilakukan setiap hari Minggu atau hari lain di luar jadwal perkuliahan dimana para mahasiswa ikut aktif dalam pengajian maupun pertemuan yang diselenggarakan oleh Pengurus Ranting maupun Cabang Muhammadiyah maupun Aisyiah di wilayah sekitar Gamping, Sleman.

Padepokan PSPA FKIK UMY pada tanggal 12 November 2017 yang lalu terasa berbeda. Hal tersebut dikarenakan Mahasiswa PSPA diberi kesempatan untuk ikut andil dalam kegiatan memperingati Milad Muhammadiyah ke-105 dan Hari Kesehatan Nasional yang mengusung tema “Dengan ukhuwah yang kuat, didukung kesehatan jasmani dan rohani yang optimal menuju islam berkemajuan di desa Banyuraden”. Acara tersebut diselenggarakan oleh Pengurus Ranting Aisyiah Banyuraden.

Rangkaian acara dimulai pukul 07.00 dengan Senam Lansia, kemudian disusul dengan jalan sehat sejauh kurang lebih 4 km mengelilingi wilayah Kelurahan Banyuraden. Setelah itu para peserta, yang berjumlah kurang lebih 100 orang, mengantri untuk pemeriksaan kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan asam urat dan gula darah oleh beberapa mahasiswa PSPA FKIK UMY. Pemeriksaan kesehatan diakhiri dengan KIE (Konsultasi Informasi dan Edukasi) yaitu pemberian informasi dan edukasi dari hasil pemeriksaan oleh beberapa dosen Apoteker UMY. Tidak hanya sampai disitu, panitia juga menyediakan undian doorprize jalan sehat. Sebagai acara penutup diadakan donor darah yang diikuti oleh lebih dari 15 orang dewasa.(wuri)