Pengenalan si DAGUSIBU

Desember 5, 2017 oleh : superadmin-ic


Masjid Al Insan, yang bertempat di belakang Kantor Kecamatan Gamping pada hari Sabtu, 25 November 2017, diramaikan oleh ibu-ibu bagian dari PRA Ambar Ketawang Gamping. Ibu-ibu yang berjumlah lebih dari 30 orang tersebut datang dengan antusias untuk menimba ilmu dalam sosialisasi Kegiatan Rutin Padepokan.

Dalam pengobatan, obat dapat digunakan untuk pencegahan, penyembuhan, pemulihan, dan peningkatan kesehatan. Namun obat adalah senyawa kimia yang dapat bekerja sebagai racun, sehingga obat harus digunakan dalam dosis yang tepat dan dengan cara yang benar. Namun, banyak ibu-ibu yang kurang memahami cara memperlakukan obat dirumah dengan baik. Padahal, para ibu memegang kontrol besar di rumah termasuk dalam hal pembelian, penyimpanan, dan pembuangan obat.

Maka dari itu, sosialisasi kali ini bertema DAGUSIBU – DApatkan obat secara benar, GUnakan obat secara benar, SImpan obat secara benar dan BUang obat obat secara benar. Event tersebut bertujuan untuk mengedukasi para ibu-ibu dalam mengelola pemakaian obat dengan benar.

Sosialisasi yang berlangsung dari jam 14.00 sampai 16.30 tersebut, diawali dengan pembukaan oleh para mahasiswa Apoteker kemudian dilanjutkan dengan pengajian bersama. Setelah pengajian barulah pemberian materi. Materi DAGUSIBU yang dipaparkan oleh salah satu mahasiswa Apoteker bersama Dosen Pendamping yaitu Ibu Sri Tasminatun, M.Sc., Apt., materi tersebut terdiri dari beberapa aspek diantaranya Penggolongan Obat, Penandaan Kemasan Obat, Pemeriksaan Kualitas Kemasan, Tanda-tanda obat rusak dll. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi, yang dipimpin oleh Ibu Sri Tasminatun, M.Sc., Apt., dimana pada sesi ini para ibu sangat antusias untuk menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan obat-obatan yang sehari-hari mereka konsumsi. (wuri)